Wednesday, 31 October 2012

Profil


GAMANANTA adalah sebuah nama komunitas adventure yang idenya bermula dari oleh Rifqy Faiza Rahman, travel blogger yang beralamat di papanpelangi.co, dengan mengajak dua sahabatnya sebagai mitra pendiri  komunitas ini, yaitu Muchlis Setiawan dan Kurniawan Eko Saputro. GAMANANTA berasal dari dua kata dalam bahasa sansekerta, yaitu GAMA yang berarti perjalanan, dan ANANTA yang berarti tanpa batas. Bila digabung menjadi GAMANANTA, yaitu perjalanan tanpa batas. Maknanya adalah kami dalam melakukan perjalanan nantinya tak akan terbatas jenis tujuan yang akan dicapai, entah itu gunung, pantai, wisata sejarah, atau yang lainnya, semuanya tercakup di dalam perjalanan. Tanpa batas juga berarti kami mencoba menembus batas-batas yang kami miliki, baik itu fisik maupun mental, dan tentu saja uang, hehehe. Break the limit, itulah yang kami coba untuk memaknai perjalanan kami. 

Pada halaman depan terdapat sebuah statement yang diucapkan dalam bahasa Jawa, yaitu Ji Ro Lu! Budal! , yang berarti satu dua tiga! berangkat!. Ini adalah sebuah pernyataan pemberi semangat kami setiap sebelum, saat, atau setelah melaksanakan suatu kegiatan. Kata "BUDAL" di sini berarti "BUktikan anDa loyAL", artinya kami harus loyal pada setiap tujuan dan kebersamaan kami di sini. Karena itu kami bertiga menamakan diri sebagai "Trio Budal" karena dalam organisasi kami di kampus, memang kami bertigalah yang paling slengekan, out of teh box, kompak, koplak, geje, dan paling akrab dalam berbagai persoalan, hehe.

GAMANANTA sendiri merupakan nama pengganti dari d-projecture a.k.a. Departemen Project Adventure, dengan pertimbangan efisiensi dan efektivitas, serta memudahkan dalam pengucapan dan ingatan. Selain itu juga, mudah dalam dokumentasi, baik dalam email, foto, laporan perjalanan sehingga tak terlalu ribet dan panjang dalam penulisannya. Tentu selain nama sebagai identitas komunitas kami, kami juga memiliki logo dan bendera yang melambangkan kehadiran kami di dunia ini, halah alay... hehe:


Adapun filosofi dari logo tersebut adalah:
  • Warna hijau pada lingkaran luar: Merupakan warna yang mewakili elemen lingkungan kita, utamanya pepohonan, daun, rumput, hutan, dan lain-lain yang berbau hijau. Menandai bahwa kami berada di bumi ini tak akan luput untuk berinteraksi dengan alam.
  • Warna biru pada lingkaran bagian dalam: Merupakan warna yang mewakili langit, lautan, jernihnya hati dan segarnya pikiran. Menandai bahwa kita harus berpikir jernih ketika melakukan suatu perjalanan dengan persiapan yang matang dan menghormati lingkungan sekitar, meliputi kebudayaan dan sosial masyarakat.
  • Warna coklat pada lingkaran paling dalam: Merupakan warna yang mewakili elemen tanah, sebagai tempat berpijak kita, mengingatkan kita untuk tetap rendah hati pada segala perihal apapun, baik saat sukses, senang, sedih, bahagia, susah. 
  • Lingkaran kuning bercabang delapan: Merupakan simbol arah mata angin, yang terdiri dari delapan penjuru, menandakan bahwa kita adalah kelompok yang bersifat fleksibel, selalu mencoba berbagai kemungkinan dalam setiap arah perjalanan dan menegaskan kepada kita bahwa lingkungan dan tujuan perjalanan ada di setiap penjuru mata angin itu.
  • Lingkaran seluruhnya bercorak: Menandakan bahwa kita harus dinamis dan fleksibel dalam melangkah ke depan.
  • Warna autumn orange pada tulisan dan bingkai: Menandakan bahwa kita harus memiliki jiwa yang lembut dan bersikap arif dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi.
  • Warna dasar hitam: Menandakan bahwa kita ini harus bersikap elegan, tenang, dan berani dalam menghadapi segala sesuatu.
 Adapun d-projecture sendiri sudah sah diresmikan di Ranu Kumbolo pada tanggal 14 Oktober 2012, jam 12.44 WIB. Artikel lengkapnya bisa dibaca di sini. Video tentang rekaman perjalanannya juga ada di Youtube dengan masih menggunakan nama d-projecture, bisa dinikmati di sini . Demikian sekilas mengenai GAMANANTA, semoga kita dapat semakin saling kenal dan dekat, bisa berbagi cerita mengenai adventure.

SALAM RESPECT!


About Gamananta TravelerCommunity

Gamananta adalah sebuah komunitas traveler yang selalu membawa semangat dan orientasi konservasi dalam setiap kegiatan dan perjalanannya. Gamananta merupakan dua kata gabungan dari bahasa Sansekerta, "Gama" berarti perjalanan dan "Ananta" berarti tanpa batas. Gamananta berusaha untuk berjalan tanpa batas demi visi dan misinya.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

No Spam, No Sex, No SARA
Junjung Tinggi Kebebasan Berpendapat yang Bertanggung Jawab