Monday, 20 May 2013

Gamananta Berkiprah di Kompas Kampus dan Malang Communities Club

Acara Kompas Kampus dan Malang Communities Club adalah dua even berbeda, namun memiliki tujuan yang sama. Yaitu, mengenalkan komunitas atau suatu perkumpulan kepada masyarakat. Gamananta ikut serta dalam dua even tersebut, tujuannya jelas, yaitu mengenalkan Gamananta kepada orang-orang. Berikut cerita singkat keikutsertaan Gamananta dalam dua even tersebut.

1. Kompas Kampus



Acara Kompas Kampus ini bertemakan "green living and youth creativity", diselenggarakan oleh unit kegiatan mahasiswa Malang Youth Greeneration atau biasa disingkat MyGreeneration, pada tanggal 1-2 Mei 2013 di kawasan gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya. Acara ini merupakan kerjasama dengan media Kompas dan Tupperware, juga didukung penuh oleh beberapa sponsor, antara lain Kompas TV dan IM3 sebagai media partner, dan beberapa sponsor lainnya.

Deretan stan-stan promosi di acara Kompas Kampus

Keikutsertaan Gamananta di even ini berawal dari undangan ke komunitas ini secara tertulis melalui BEM Fakultas Pertanian, yang diterima oleh CEO Gamananta sekarang, Rizky Maulana. Kami mendapat jatah satu stan untuk diisi sebagai media promosi. Dari 14 stan yang ada, kami mendapat jatah satu tempat. Setelah dibahas berbagai persiapan untuk keikutsertaan kali ini, kami akan berkoar-koar mempromosikan Gamananta di stan pada hari H, berbekal banner, sticker, brosur dan berbagai alat media lainnya.

Keriuhan dalam even Kompas Kampus

Pada hari pertama, 1 Mei 2013, lumayan diikuti cukup banyak member Gamananta, antara lain saya sendiri, Mas Kurniawan, Muchlis, Ike, Fahri, Rizky, Norma, Lita, Mustofa, dan Azza. Saya tidak mengikuti acara sampai selesai, karena siangnya saya harus ke stasiun bersama Mas Dani, menunaikan ekspedisi ke Gunung Gede Pangrango yang artikelnya bisa Anda nikmati di sini


Muchlis dan Mas Kurniawan mejeng di depan stan Gamananta

Acara hari pertama saya lihat cukup meriah, ada lomba masak juga, dan di dalam gedung adalah acara opening dan talkshow. Stan-stan promosi ada di luar gedung. Terdapat juga salah satu bilik milik Tupperware yang isinya seperti lorong, menjelaskan tentang bahaya sampah non organik, utamanya plastik. Hari kedua, 2 Mei 2013 adalah hari lomba-lomba, yang mana Gamananta berhasil memenangkan salah satu lomba, mendapatkan souvenir berupa tas selempang dari Kompas, dan berbagai merchandise lainnya.

Muchlis menjelaskan komunitas Gamananta kepada pengunjung

Banner galeri perjalanan Gamananta untuk menarik minat pengunjung

Yang berkesan bagi saya adalah, Gamananta adalah satu-satunya yang merupakan komunitas traveling, sisanya adalah kumpulan ibu-ibu pengrajin, pebisnis UMKM, penghobi satwa, dan lain-lain. Kami cukup mendapat banyak pelajaran ke depan tentang bagaimana kami belajar mengenalkan Gamananta ke masyarakat luas, karena ternyata banyak yang tertarik gabung dengan trip-trip kami selanjutnya. Yang paling banyak ditanya adalah soal pendakian bersama ke Gunung Semeru pada akhir Juni 2013, banyak yang penasaran ingin pergi ke sana. Semoga nanti bisa mendapat keluarga baru dari sebuah perjalanan.

2. Malang Communities Club



Malang Communities Club, atau MCC, diselenggarakan pada tanggal 19 Mei 2013 oleh EO bernama CresPR, bekerja sama dengan berbagai media partner. Lokasinya bertempat di Perpustakaan Pusat Kota Malang. Awal mula Gamananta diundang adalah ketika saya dihubungi oleh Sherly, member Komunitas Backpacker Malang Raya (KBMR), supaya Gamananta ikut serta. Langsung saja saya segera konfirmasi ke Mas Luhur Dirgantara, selaku ketua pelaksana even ini. 

Rupanya, memang even ini khusus ditujukan bagi komunitas-komunitas se-Malang Raya untuk promosi komunitas masing-masing, mempererat silaturahmi antar komunitas, dan banyak lagi tujuan positif lainnya. Langkah awal setelah konfirmasi adalah mengirimkan logo Gamananta ke panitia melalui Fikri (Founder KBMR), untuk tujuan promosi di poster. Kami mengikuti even ini setelah seminggu sebelumnya pulang dari ekspedisi 2M (Merbabu-Merapi) yang berhasil dituntaskan oleh tim. 

Opening Malang Communities Club

Member Gamananta yang ikut serta dalam even ini adalah saya, Mas Kurniawan, Muchlis, Ike, Rizky, dan Lita. Kami mendapat wall stan di dalam gedung. Suasana open house berlangsung hangat dan ceria. Terlebih ketika masing-masing komunitas mendapat jatah dengan durasi terbatas untuk memperkenalkan komunitasnya di atas panggung. Tak terkecuali Gamananta. Saya dan Muchlis maju ke panggung, selama 10 menit mempresentasikan visi dan misi komunitas kami, dan menjelaskan hal-hal yang membedakan kami dengan komunitas traveling lain, KBMR misalnya, mulai dari standarisasi manajemen perjalanan, agenda yang sudah direncanakan dalam satu tahun, kepengurusan, dan lain-lain yang intinya berpromosi agar teman-teman berminat bergabung bersama kami. Selama 10 menit presentasi, diiringi dengan video kami saat perjalanan ke Gunung Merbabu dan Merapi seminggu sebelumnya. Video kami saat presentasi dapat Anda lihat di akun Youtube Gamananta di sini.

Tim Hore di stan Gamananta

Acara ditutup pada pukul 16.00 WIB, menghasilkan pengalaman cukup berkesan dan memberi wawasan bahwa ternyata di Malang Raya banyak sekali komunitas-komunitas dengan berbagai minat masing-masing, ada yang pecinta kucing (Malang Cat Lovers), penghobi fotografi, KBMR, MLG48 (fans club JKT48), pecinta manga, pengrajin UMKM, dan lain sebagainya. Semenjak even ini, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang melibatkan komunitas agar tetap berlanjut kebersamaannya. Karena memang, akan sulit jika sebuah komunitas berjalan sendiri-sendiri tanpa memperluas jaringan komunikasi dengan komunitas lainnya. Karena, banyak sekali manfaat positif dari berkegiatan di sebuah komunitas.

Ditulis oleh:
Rifqy Faiza Rahman

Salam Respect!
About Gamananta TravelerCommunity

Gamananta adalah sebuah komunitas traveler yang selalu membawa semangat dan orientasi konservasi dalam setiap kegiatan dan perjalanannya. Gamananta merupakan dua kata gabungan dari bahasa Sansekerta, "Gama" berarti perjalanan dan "Ananta" berarti tanpa batas. Gamananta berusaha untuk berjalan tanpa batas demi visi dan misinya.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

No Spam, No Sex, No SARA
Junjung Tinggi Kebebasan Berpendapat yang Bertanggung Jawab