Sunday, 27 October 2013

Aksi Konservasi di Pantai Kondang Merak Bersama Prisma UB


Bermula dari ikatan kerjasama dengan salah satu lembaga aktivitas mahasiswa di Fakultas Pertanian UB, yaitu Prisma, Gamananta turut dalam kegiatan konservasi mangrove dan terumbu karang di Pantai Kondang Merak, Kabupaten Malang. Aksi konservasi tersebut merupakan acara penutup setelah rangkaian perhelatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2013 yang digelar di MAN 3 Malang.



Malam sebelumnya, 25 Oktober 2013, Gamananta mengisi materi tentang konservasi mangrove yang disampaikan oleh Kurniawan Eko dan Azza Hanif Harisna. Muchlis Setiawan juga turut memberikan game menarik untuk melepas ketegangan.

Esoknya, 26 Oktober 2013, Gamananta bersama peserta menumpang truk bersama-sama menuju Pantai Kondang Merak. Perjalanan jauh nan melelahkan terbayar dengan pemandangan yang indah dari pantai yang cukup terpencil ini. Di sana, sudah menunggu aktivis Sahabat Alam yang akan mendampingi kegiatan konservasi mangrove dan terumbu karang di pantai ini.


Kegiatan penanaman mangrove dilakukan di sisi timur pantai, tepatnya di kisaran area estuari. Antusiasme peserta untuk melakukan aksi ini cukup tinggi. Pantai Kondang Merak memang rencananya akan dijadikan sebagai salah satu kawasan konservasi mangrove di Kabupaten Malang.

Usai penanaman, aktivis dari Sahabat Alam juga mendampingi peserta untuk berlatih menanam terumbu karang. Terumbu karang yang terdapat di dasar laut Pantai Kondang Merak kini tengah aktif direhabilitasi setelah cukup lama sebagian rusak karena ulah manusia. Padahal, konon dulunya terumbu karang di Pantai Kondang Merak tahun 1980-an termasuk yang terindah di Jawa, bahkan Indonesia. Harapan Gamananta dalam acara ini, semoga kegiatan konservasi tersebut dapat berkelanjutan sehingga ekosistem pantai tetap terjaga. Perhelatan acara hari ini ditutup dengan jalan-jalan singkat di Masjid Turen.

About Gamananta TravelerCommunity

Gamananta adalah sebuah komunitas traveler yang selalu membawa semangat dan orientasi konservasi dalam setiap kegiatan dan perjalanannya. Gamananta merupakan dua kata gabungan dari bahasa Sansekerta, "Gama" berarti perjalanan dan "Ananta" berarti tanpa batas. Gamananta berusaha untuk berjalan tanpa batas demi visi dan misinya.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

No Spam, No Sex, No SARA
Junjung Tinggi Kebebasan Berpendapat yang Bertanggung Jawab