Sunday, 20 October 2013

Merayakan 1st Anniversary Gamananta


Happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthday happy birthday, happy birthday to GAMANANTA. Yah, inilah lagu yang sangat tepat dinyanyikan untuk Gamananta saat ini. Gamananta baru saja merayakan ulang tahunnya yang pertama pada 14 Oktober 2013, sejak pertama kali terbentuk di Ranu Kumbolo tanggal 14 Oktober 2012 oleh 5 orang hebat yaitu Muchlis Setiawan, Kurniawan Eko, Rifqy Faiza Rahman, Anggraeni Ayu Saputri dan Rifqi Alfandana. Berbagai rangkaian kegiatan kami lakukan sebagai momen untuk memperingati hari ulang tahun Gamananta yang pertama, menuju acara puncak (tasyakuran).

Sebelum acara puncak itu berlangsung, kami sempat melakukan beberapa aksi lain. Tak ada malu sedikitpun beberapa dari kami berjualan bunga mawar dua hari berturut-turut di acara wisuda Universitas Brawijaya. Kebetulan sekali pada hari kedua wisuda itu dua teman kami juga merayakan kelulusannya. Mereka adalah Mbak Fitrah dan Mas Muchlis. Tanpa pikir panjang mawar yang akan kami jual tak segan-segan kami berikan kepada mereka sebagai hadiah dari pencapaian yang telah mereka raih. Betapa bangganya kami melihat mereka sudah menenteng gelar Sarjana.  Kami sempat mengabadikan momen itu dengan berfoto alay :D


Gamananta saat menghadiri wisuda Muchlis dan Fitrah


Selain berjualan mawar, kami juga berjualan oleh-oleh khas Malang, seperti keripik telo madu, keripik tempe, brownies kukus, dan banyak lagi. Di hari-hari berikutnya, beberapa teman kami juga berjualan gorengan di kampus. Hal ini kami lakukan untuk menambah modal Gamananta saat acara puncaknya. Biasalah komunitas anak muda. Saya dan beberapa teman Gamananta yang lain juga turut merayakan ulang tahun Gamananta dengan melakukan perjalanan ke Gunung Lawu tanggal 11 Oktober lalu. Artikelnya bisa dilihat di sini.

Saat acara puncak, kami menyelenggarakan tasyakuran dengan potong tumpeng sebagai simbolis 1st Anniversary Gamananta yang dilaksanakan tanggal 19 Oktober 2013 di kediaman teman kami Busthomy, Jalan Panjaitan, Malang.

Tumpeng Gamananta

Kalian bisa melihat, istimewa sekali kan tumpengnya? Menggiurkan saat kami tak henti melihatnya. Sebelum kami makan dan menghabiskan tumpeng yang super duper lezat itu, ada beberapa sambutan yaitu dari Commissioner Gamananta yang saat itu diwakilli oleh Mas Rifqy dan sambutan dari pengurus yang diwakili oleh Mas Zaki Mubarok, serta sambutan dari ketua pelaksana kegiatan ini, yaitu saya sendiri. Terakhir, doa bersama untuk kemajuan Gamananta serta pemotongan tumpeng oleh Mas Rifqy.

Serah terima Tumpeng antara Mas Rifqy (kiri) dan Mas Zaki (kanan)
 
Seusai pemotongan tumpeng, langsung saja dilanjutkan dengan acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu makan-makan. Memang,tidak akan ada yang menolak untuk hal yang satu ini. Sebelumnya kami persiapkan dulu beberapa keperluannya, mengemas ritual mengisi perut ini supaya lebih berkesan kebersamaannya.

 Dua sejoli tengah mempersiapkan sajian untuk makan bersama


Berfoto dulu sebelum berpesta!

Oke lanjut kami santap habis tumpeng itu. Eeeits, sebelum dimakan foto-foto dulu dong untuk arsip Gamananta. Nah, bisa dilihat lihat wajah-wajah unyu mereka di depan tumpeng ini.

Setelah makan, masih ada lagi serangkaian acara ulang tahun Gamananta. Ternyata para Commisioner sudah begadang untuk mempersiapkan upgrading anggota Gamananta. Yap, usai istirahat sholat Duhur, mereka memberikan kami materi tentang “Manajemen Prjalanan”, “Dokumentasi dan artikel perjalanan”, dan "Motivasi".

Mas Muchlis (paling kiri) sedang memaparkan materi motivasi

Sebelum penutupan acara, ada sebuah game interaktif yang dipandu oleh Mas Muchlis, game ini mampu memecah ketegangan dan rasa kantuk kami selama upgrading.

Tawa lepas mewarnai games yang digelar Mas Muchlis

Dan setelah game ini berakhir, kami terpaksa mengakhiri acara tasyakuran ini. Namun, belum habis juga kekompakan dan kekocakan Gamananta ini. Di sela-sela bersih-bersih kami sempat melakukan sebuah aksi lagi yaitu goyang Caesar yang direkam dengan webcam laptop. Aksi kami dapat dilihat di YouTube, silahkan subscribe akun YouTube Gamananta untuk menyaksikan beberapa dokumentasi perjalanan kami maupun video-video kocak lainnya. Itulah serangkaian acara ulang tahun Gamananta, tidaklah bisa dibilang mewah, namun cukup terkenang di hati dan meninggalkan kesan.


Ditulis Oleh:
Jeanny Anggraeni
About Gamananta TravelerCommunity

Gamananta adalah sebuah komunitas traveler yang selalu membawa semangat dan orientasi konservasi dalam setiap kegiatan dan perjalanannya. Gamananta merupakan dua kata gabungan dari bahasa Sansekerta, "Gama" berarti perjalanan dan "Ananta" berarti tanpa batas. Gamananta berusaha untuk berjalan tanpa batas demi visi dan misinya.

Artikel Terkait

1 comment:

  1. Good Job Jenny
    Lanjutkan menulisx ^_^

    ReplyDelete

No Spam, No Sex, No SARA
Junjung Tinggi Kebebasan Berpendapat yang Bertanggung Jawab