Friday, 24 January 2014

Pelatihan SAR-Survival di Coban Talun

 
Setelah melaksanakan pelatihan mountaineering di Lembah Kera bulan lalu, Gamananta selanjutnya menyelenggarakan pelatihan SAR-Survival yang berlokasi di kawasan wisata Coban Talun, Batu pada 18-19 Januari 2014. Pelatihan SAR-Survival ini meliputi SAR darat, cara membuat bivak darurat, membuat api unggun, susur sungai untuk simulasi pencarian korban (SAR air), dan melatih diri cara bertahan hidup dengan perbekalan terbatas.

Instruktur pelatihan kali ini adalah Slamet, anggota dari Gerpala yang juga melatih mountaineering di Lembah Kera. Peserta dalam pelatihan ini cukup banyak, antara lain Rizky, Ike, Mas Kurniawan, Azza, Irwan, Eko, Sofia, Norma, Roni, Citra, Caca, Siti, Jauhar, Anggrek, Siwi, dan Rifqy yang menyusul di pagi hari kedua karena usai menghadiri even XL Future Leaders di Unair pada 18 Januari 2014, bersamaan dengan even ini.

Sarapan bersama sebelum kegiatan susur sungai

Selama pelatihan, sempat diguyur hujan karena bulan Januari masih merupakan puncaknya musim penghujan. Namun, pada hari kedua (hari terakhir) pelatihan cuaca cukup cerah sehingga mendukung latihan susur sungai DAS Brantas untuk simulasi pencarian korban yang diwujudkan dalam bentuk bulatan balon berisi air berbalut kresek.

Hari sebelumnya juga peserta dilatih cara bertahan hidup (survival), seperti mengenal tanaman untuk asupan darurat, membuat bivak darurat dari ponco (jas hujan), hingga membuat api unggun (perapian). Peserta antusias mengikuti seluruh rangkaian acara hingga akhir. Puncak dari sederet pelatihan yang digelar Gamananta akan berakhir dalam pelatihan akhir yang masih dalam tahap rencana melihat pertimbangan lokasi dan waktu yang tepat. Semoga segera terlaksana.
About Gamananta TravelerCommunity

Gamananta adalah sebuah komunitas traveler yang selalu membawa semangat dan orientasi konservasi dalam setiap kegiatan dan perjalanannya. Gamananta merupakan dua kata gabungan dari bahasa Sansekerta, "Gama" berarti perjalanan dan "Ananta" berarti tanpa batas. Gamananta berusaha untuk berjalan tanpa batas demi visi dan misinya.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

No Spam, No Sex, No SARA
Junjung Tinggi Kebebasan Berpendapat yang Bertanggung Jawab