Tuesday, 8 April 2014

JAVANICA, E-Magazine of Gamananta Community


JAVANICA adalah sebuah proyek atau bisa dibilang mimpi besar komunitas Gamananta dalam bidang jurnalisme. Karena itu, Gamananta meluncurkan sebuah e-mag atau majalah online berformat .pdf yang dengan tema khusus terkait traveling. Gamananta melakukan soft launching pada 20 Februari 2014 lalu melalui grup facebook komunitas.

Nama JAVANICA diambil dari bahasa latin yang biasa menjadi penamaan ilmiah suatu flora atau fauna, seperti Anaphalis javanica yang merujuk edelweiss Jawa dan biasa disebut bunga abadi. Ada juga Bos javanicus yang merujuk banteng jawa. Jadi, JAVANICA adalah konotasi keindahan, kuat, luas sudut pandangnya, dan indah berarti merujuk pada negeri kita tercinta, Indonesia.


Tim redaksi JAVANICA merupakan majalah komunitas namun peruntukannya untuk semua kalangan yang mencintai traveling. Karena merupakan bagian dari Gamananta, maka JAVANICA berada dalam lindungan dan tanggung jawab pengurus inti Gamananta. Personil inti JAVANICA terdiri dari enam orang, yang menempati tugas dan tanggung jawab masing-masing sebagai berikut:

  • Rifqy Faiza Rahman - Editor in Chief
  • Mohammad Lutfi Hidayat - Text Editor
  • Figur Kautsar - Text Editor
  • Jeanni Kusuma Nur Anggraeni - Photographer
  • Frida Ayundha Putry - Graphic Designer
  • Anggraeni Ayu Saputri - Marketing and Communication
JAVANICA akan terbit dalam bentuk .pdf setiap tanggal 7 dalam dua bulan sekali (dua bulanan). Edisi pertama (Edisi 1) terbit pada 7 April 2014 lalu untuk periode April-Mei 2014. Edisi pertama berisi 50 halaman tersebut berisikan topik feature Singhasari-Majapahit sebagai ikon kejayaan nusantara di masa lampau yang dijelajahi oleh Gamananta pada 22-23 Februari 2014.


Tim redaksi JAVANICA menerima kritik dan saran, juga artikel tentang traveling dari pembaca, silakan dialamatkan ke email tim redaksi di javanica.gamananta@gmail.com. Untuk media publikasi, tidak hanya menggunakan media grup facebook komunitas Gamananta. Tetapi juga dipublikasikan melalui fan page di Javanica E-Magazine dan twitter di @JavanicaEmag.

About Gamananta TravelerCommunity

Gamananta adalah sebuah komunitas traveler yang selalu membawa semangat dan orientasi konservasi dalam setiap kegiatan dan perjalanannya. Gamananta merupakan dua kata gabungan dari bahasa Sansekerta, "Gama" berarti perjalanan dan "Ananta" berarti tanpa batas. Gamananta berusaha untuk berjalan tanpa batas demi visi dan misinya.

Artikel Terkait

1 comment:

  1. selamat atas publishing e-mag yang pertama... luar biasaaa

    ReplyDelete

No Spam, No Sex, No SARA
Junjung Tinggi Kebebasan Berpendapat yang Bertanggung Jawab