Monday, 14 April 2014

Menjaga Mimpi Siswa dan Siswi MI Al Ihsaan Lawang



Setelah pada tanggal 5 April 2014 Gamananta melakukan penggalangan dana dengan berjualan bunga mawar di kampus, maka hasil penggalangan dana tersebut digunakan untuk keperluan kegiatan pada seminggu berikutnya. Ya, pada hari Sabtu, tanggal 12 April 2014, Gamananta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bidang pendidikan, sasarannya adalah para siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ihsaan, Sumberporong, Kecamatan Lawang.

Atas izin Bapak Hamdah selaku pendiri MI Al Ihsaan, Gamananta diperkenankan untuk menggunakan jam belajar dengan acara yang telah disusun, meliputi kelas motivasi, kebersihan lingkungan, dan menggelar banyak permainan yang menarik.

Hari itu, sebanyak 45 siswa dan siswi MI Al Ihsaan terlihat antusias menerima banyak materi dari Gamananta. Mereka yang menggunakan seragam pramuka dikumpulkan jadi satu di ruang kelas III. Untuk materi pertama berupa kelas motivasi, diisi oleh anggota Gamananta yang berpengalaman di bidang motivasi dan outbond, yaitu Citra Chatami Aprilia selama kurang lebih hampir 1,5 jam. Selama kelas motivasi, Gamananta mengajak mereka agar memiliki cita-cita dan mimpi setinggi langit. Gamananta mengajak mereka percaya bahwa dengan bercita-cita tinggi, akan membuat mereka menjadi semakin semangat belajar menuntaskan pendidikan dasar hingga tinggi. Di tengah keterbatasan fasilitas dan sumber daya manusia dalam madrasah ini, memang benar-benar diperlukan semangat pantang menyerah dengan menjaga cita-cita dan mimpi.

 Pentingnya untuk memiliki mimpi

Kelas motivasi oleh Citra Chatami Aprilia
Salah satu wujud memiliki cita-cita tersebut dituangkan dalam kertas kecil yang berisikan cita-cita para siswa dan siswi kemudian ditempelkan dalam sebuah "pohon impian" agar mereka selalu mengingat cita-cita mereka. Harapannya adalah agar mereka tetap semangat belajar di tengah keterbatasan.

Selanjutnya, anggota Gamananta yang lain, Nufus Rosidy memberikan materi tentang kebersihan lingkungan. Dengan semangat dari hadis Nabi yang menyebutkan bahwa "kebersihan ialah sebagian dari iman", mereka diajak untuk berjanji agar tidak membuang sampah sembarangan dan berjanji untuk selalu membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Lewat Nufus Rosidy pula, ia sempat memberikan materi dasar Bahasa Inggris yang digelar di ruang kelas IV. Ternyata, para siswa dan siswi cukup antusias belajar materi dasar perkenalan dan sapaan seperti good morning, afternoon, evening, dan night. 

 Kelas Bahasa Inggris oleh Nufus Rosidy

Setelah materi di dalam kelas, para siswa dan siswi diajak keluar kelas, bermain di lapangan dekat sekolah. Meskipun cukup panas, mereka tetap bersemangat untuk bermain dengan ceria. Usai permainan di lapangan, para siswa dan siswi diberikan konsumsi berupa buah pisang dan susu kemasan. Selang beberapa menit setelah istirahat, mereka diajak bermain kembali di halaman RA Al Ihsaan yang berada di seberang MI Al Ihsaan, menyatu dengan masjid Yayasan Al Ihsaan.

Permainan di lapangan

Ceria bermain di halaman RA Al Ihsaan

Sayang sekali, kebersamaan ini harus diakhiri dulu ketika waktu Duhur telah tiba. Gamananta dengan berat hati menutup acara ini saat kebersamaan dengan siswa dan siswi justru semakin erat. Usai Duhur, mereka akan melanjutkan kegiatan rutin setiap Sabtu dalam dua minggu sekali, yaitu khataman Al Qur'an. MI Al Ihsaan memang memiliki program unggulan, salah satunya adalah adanya program tahfidz Qur'an, mereka ingin mencetak bibit-bibit penghafal Al Qur'an.

Kegiatan di MI Al Ihsaan ini direncanakan tidak berhenti sekali saja. Tetapi, Gamananta berharap tetap berkelanjutan dalam satu bulan sekali ke depan. Gamananta berharap dukungan anggota demi kelancaran kegiatan pengabdian di bidang pendidikan ini. Baik dukungan berupa moril maupun materil, karena Gamananta berkeyakinan bahwa pendidikan mereka tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab moral semua yang peduli. Video tentang kegiatan ini dapat dilihat di YouTube.
About Gamananta TravelerCommunity

Gamananta adalah sebuah komunitas traveler yang selalu membawa semangat dan orientasi konservasi dalam setiap kegiatan dan perjalanannya. Gamananta merupakan dua kata gabungan dari bahasa Sansekerta, "Gama" berarti perjalanan dan "Ananta" berarti tanpa batas. Gamananta berusaha untuk berjalan tanpa batas demi visi dan misinya.

Artikel Terkait

5 comments:

  1. sukses terus gamananta.. semoga kami dari bandung bisa silaturahmi kesana.. :)

    ReplyDelete
  2. kalau boleh tau markas gamananta dimana?
    bisa hub no 081944911330 mau gabung nih boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ini belum memiliki basecamp tetap, sehingga masih sering beprindah tempat jika berkumpul. Silakan bergabung secara free di grup Facebook kami di https://www.facebook.com/groups/gamananta/ :)

      Delete

No Spam, No Sex, No SARA
Junjung Tinggi Kebebasan Berpendapat yang Bertanggung Jawab